Bagi Anda yang suka sekali dengan traveling, pastinya Anda memiliki list tempat yang ingin Anda kunjungi. Ketika mengunjungi tempat, Anda pastinya tidak akan meninggalkan makanan khas dari tempat yang Anda kunjungi. Nah bagi Anda yang suka sekali berburu kuliner, kota Semarang merupakan salah satu kota yang harus di kunjungi.

Mengapa Semarang?

Semarang merupakan salah satu kota dengan keindahan yang dimilikinya. Di Semarang terkenal dengan dua universitas yaitu Universitas Diponegoro dan juga Universitas Negeri Semarang. Kedua universitas tersebut merupakan universitas negeri favorit yang banyak peminatnya. Tak hanya dalam hal pendidikan, dalam hal wisata kota Semarang memiliki banyak tempat wisata yang keren. Tentunya ini tidak boleh Anda tinggalkan ketika Anda berkunjung ke Semarang.

Selain pendidikan danĀ  juga tempa wisata, apakah Anda tahu bahwa Semarang memiliki makanan khas yang sangat enak? Makanan khas Semarang bermacam-macam. Ada makanan berat dan ada makanan yang Cuma untuk camilan saja.

Kuliner Semarang

  1. Bandeng Presto

Ikan Bandeng memang mudah untuk ditemukan di setiap kota. Namun jika Anda mencoba ikan bandeng khas dari Semarang ini. Ikan bandeng khas Semarang ini sangat enak dan ikan bandeng ini biasanya menjadi oleh-oleh khas dari Semarang. Orang-orang yang menjadikan ikan bandeng ini sebagai oleh-oleh biasanya membelinya yang sudah sepaket dengan sambal. Nah sambal ikan bandeng ini yang tak kalah enak. Makan ikan bandeng dengan sambal ditambah nasi hangat sangat nikmat.

  1. Garang Asem

Meskipun garang asem ini ada di beberapa restoran, namun jika Anda mencobanya langsung dari Semarang akan merasakan sensasi yang berbeda. Garang asem ini berisi ayam yang dikukus dengan daun pisang dimana ayam tersebut dicampur dengan kuah santan, belimbing wuluh dan juga cabai. Kuah yang ada di garang asem ini juga memiliki rasa yang asem namun bikin nagih.

  1. Tahu Gimbal

Tahu gimbal ini khas Semarang dan hanya ada di Semarang. Tahu gimbal berisi tahu goreng, tempe, kol yang dilumuri oleh saus kacang yang sangat nikmat. Tak hanya itu, tahu gimbal ini juga ada udang goreng yang dilumuri oleh tepung. Rasa manis, pedas dan juga gurih membuat rasa makanan ini semakin sempurna.

  1. Tahu Petis

Petis merupakan salah satu makanan yang dari Semarang. Petis ini biasanya dijadikan sebagai bahan cocolan. Makanan yang cocok untuk dicocol dengan petis adalah tahu. Biasanya tahu dan petis dipisah, namun yang ini antara tahu dan petis ini digabung menjadi satu. Layaknya tahu isi, namun isi dari tahu ini adalah petis. Ini benar-benar membuat tahu menjadi lebih nikmat.

  1. Wingko Babat

Wingko Babat merupakan makanan tradisional. Wingko babat khas Semarang sudah sangat terkenal. Wingko babat ini terbuat dari beras ketan dan juga kelapa yang dibakar. Rasa dari wingko babat juga bervariasi.

  1. Mie Kopyok

Mie kopyok ini terbuat dari mie seperti yang ada di bakso namun dengan tambahan tetelan daging lalu diatasnya ditambah dengan tahu dan juga kerupuk. Mie kopyok ini hanya ada di Semarang dan hingga saat ini belum ada kota yang menjual mie kopyok ini. Mie kopyok dijual oleh pedagang kaki lima. Makan mie kopyok paling enak di malam hari, karena sensasinya lebih beda. Sudah enak lalu harganya pun sangat terjangkau dan tidak mahal.